Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Gardu, Tambah Pasokan hingga 127.500 kW

Kompas.com - 20/10/2011, 15:04 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk meningkatkan pelayanan kereta rel listrik (KRL), dilakukan penambahan pasokan listrik sebanyak 22.000 kW. Awalnya, untuk KRL ini tersedia 105.500 kW. Dengan penambahan ini, pasokan listrik akan menjadi 127.500 kW.

"Untuk target melayani penumpang yang lebih banyak, maka perlu dilakukan penambahan ini," kata Kepala Humas Daops I PT KA Jakarta, Mateta Rizalulhaq, ketika dihubungi wartawan, Kamis (20/10/2011).

Selama ini, masyarakat pengguna KRL kerap mengeluh karena perjalanannya terganggu akibat pasokan listrik yang turun. Atas dasar itu, penambahan listrik ini dilakukan terhadap tiga gardu di Cilebut, Citayam, dan Kedung Badak.

Dia mengatakan, sebenarnya total semua penambahan itu tersebar di 13 gardu, tidak hanya di tiga gardu yang diperbaiki. Namun, untuk ketiga gardu yang diperbaiki ini berkapasitas memasok listrik hingga 11.000 kW. Dengan rincian, gardu Citayam dan Cilebut masing-masing 4.000 kW dan gardu Kedung Badak 3.000 kW.

Sementara itu, akan dibangun juga enam gardu baru dan empat gardu yang direnovasi. Ketiga gardu itu diperbaiki untuk memperbaiki komponen yang sudah tua. Jadi ada penggantian komponen vital dalam peralatan gardu Listrik Aliran Atas (LAA) seperti komponen pemutus daya.

Ketiga gardu ini sudah beroperasi berpuluh tahun lamanya. Untuk gardu Kedung Badak sudah beroperasi selama 23 tahun. Sementara gardu Citayam beroperasi selama 15 tahun dan gardu Cilebut sudah beroperasi 14 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com