Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Ranjau Paku, Polda Siagakan Intel

Kompas.com - 21/10/2011, 14:21 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Meningkatnya modus kejahatan penebaran paku di jalan raya cukup diwaspadai pihak Kepolisian Polda Metro Jaya. Petugas intelijen pun disiagakan untuk membekuk para pelaku tindak kejahatan tersebut.

"Aparat tak berseragam di polsektro dan polrestro akan diaktifkan untuk memantau titik-titik di mana sering terjadi tindak kejahatan ini," kata Kombes Baharudin Jafar, Kabid Humas Polda Metro Jaya, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/10/2011).

Menurut Djafar, aparat polsektro dan polrestro sejauh ini sudah mampu memetakan beberapa lokasi rawan penebaran paku. Paku-paku tersebut diduga sengaja ditebar oleh oknum-oknum pemilik tambal ban. Masalah yang dihadapi petugas adalah sulitnya membuktikan pelakunya.

"Kami sulit membuktikan mereka yang menebar paku," kata Baharudin. Pasalnya, kegiatan tersebut dilakukan secara tersembunyi di waktu menjelang subuh.

Atas dasar itu, dia berharap pihak polsektro dapat menyiagakan petugas tak berseragam di lokasi rawan pada waktu-waktu tersebut. Pihak kepolisian juga akan melakukan patroli rutin di sekitar wilayah rawan penebaran paku.

Pihak kepolisian juga telah menjalin kerja sama dengan pihak Satpol PP dalam operasi pemberantasan ranjau paku. Baharudin juga berharap pada informasi dari masyarakat yang menjadi korban dan menyaksikan aksi tebar paku.

Modus kejahatan ranjau paku mengincar para pengguna kendaraan bermotor. Namun, aksi ini dinilai bisa berdampak pada terjadinya kecelakaan lalu lintas dan berakibat fatal. "Karena korbannya kebanyakan sepeda motor," kata Baharudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com