Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Parkir Mahal Jadi Solusi Kemacetan Jakarta?

Kompas.com - 21/10/2011, 17:03 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu penyebab kemacetan di Jakarta ternyata adalah meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi di Ibu Kota ini. Karena itu, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menyarankan untuk menaikkan tarif parkir agar mengurangi kemacetan.

"Tarif mahal bisa jadi solusi untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang lalu lalang di jalanan," kata Ketua DTKJ, Azas Tigor Nainggolan, di Jakarta, Jumat (21/10/2011).

Ia menjelaskan, selama ini masyarakat menganggap biaya parkir yang mahal sebagai beban. Seharusnya mereka paham bahwa biaya parkir yang tinggi dapat memberikan keuntungan bagi mereka di kemudian hari.

"Kalau jumlah kendaraan pribadi berkurang, berarti mereka sudah mau beralih ke angkutan massal," ujarnya.

Azas Tigor telah mengusulkan solusi ini kepada Gubernur DKI Fauzi Bowo. Usulan ini, lanjutnya, muncul setelah melihat negara lain, seperti Perancis, Korea Selatan, dan Singapura. Dia juga menuturkan, seharusnya biaya parkir, semakin ke tengah kota, harus semakin mahal lagi. "Dan masyarakat jangan jadikan hal tersebut beban, jika ingin Jakarta tak macet," kata Azas Tigor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com