MRT Lebak Bulus-Bundaran HI Pasti Dapatkan Dana Rp 9 Triliun

Kompas.com - 22/10/2011, 22:10 WIB
Penulis Orin Basuki
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana proyek pembangunan sarana transportasi massal atau mass rapid transit (MRT) antara Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sepanjang 15 kilometer sudah mendapatkan kepastian dana. Proyek ini diperkirakan akan menyedot dana pembangunan sekitar Rp 9 triliun.

"Dana yang dibutuhkan untuk membangun sarana yang berada di bawah tanah mencapai Rp 1 triliun per kilometer. Namun, karena proyek ini ada bagian di bawah tanah dan ada juga yang di atas permukaan tanah, maka biaya yang dibutuhkan untuk setiap kilometernya adalah rata-rata Rp 600 miliar," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Jakarta, Sabtu (22/10/2011).

Menurut Bambang, Jepang sudah memastikan komitmennya membiayai proyek MRT ini. Seluruh desain final akan selesai 2011.

"Lalu orang akan sudah mulai 'mencangkul' (memulai proyek) pada awal tahun 2012," ujarnya.

Proyek MRT diperkirakan akan menyerap 48.000 tenaga pekerja. Jumlah tersebut akan tersebar dalam beberapa kelompok, *direct workers, related industry workers* (*collecting sand, manufacturing cement*), *supporting service workers* (*canteen workers*).

Selain itu, pembangunan MRT Jakarta ini juga diharapkan memberikan dampak positif lain bagi warganya, yakni penurunan waktu tempuh dan meningkatkan mobilitas. Waktu tempuh  Lebak Bulus sampai Bundaran HI diharapkan turun dari 1-2 jam pada jam-jam sibuk menjadi 30 menit, sedangkan dari Lebak Bulus sampai Kampung Bandan target waktu tempuh sekitar 52,5 menit.

MRT diharapkan mampu mengurangi 0,7 persen total emisi CO2 (karbondioksida), yaitu sekitar 93.663 ton per tahun. Keuntungan lain, MRT diharapkan mampu merestorasi tata ruang kota. Integrasi transit-urban nantinya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi pada area sekitar stasiun, sehingga dapat berdampak langsung kepada peningkatan jumlah penumpang MRT Jakarta.

Untuk tahap pertama, MRT Jakarta akan membangun jalur Lebak Bulus-Bundaran HI dengan panjang 15,2 km jalan layang dan bawah tanah serta terdiri dari 13 stasiun.

Target penumpang yang mampu diangkut MRT tahap pertama ini mencapai 412.000 penumpang per hari dan diharapkan selesai pada akhir 2016. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.