Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Buruh Demo di Disnaker Purwakarta

Kompas.com - 26/10/2011, 10:25 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Seluruh Indonesia (FSPMI) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (26/10/2011), berunjuk rasa di depan kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Purwakarta. Massa menuntut upah minimum yang layak pada tahun 2012.

Massa meminta upah minimum ditetapkan 100 persen dari angka kebutuhan hidup layak (KHL). "Upah minimum Purwakarta selalu lebih rendah dari daerah di sekitarnya seperti Bekasi dan Karawang. Padahal, KHL Purwakarta tak lebih rendah dari beberapa daerah itu," ujar Fuad BM, Ketua FSPMI Purwakarta.

Massa juga menuntut upah minimum sektoral. Sebab, selama ini hanya ada dua kategori pengupahan yang sebenarnya kurang menguntungkan pekerja di industri elektronik, otomotif, dan lainnya yang sebenarnya mampu membayar lebih mahal kepada karyawannya.

"Wakil buruh di dewan pengupahan, bukan wakil pekerja, tetapi pensiunan atau mantan karyawan. Ironis karena bertahun-tahun wakil buruh di dewan pengupahan tak pernah berubah," ujar Fuad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com