Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Bus Transjakarta Memprihatinkan

Kompas.com - 26/10/2011, 20:09 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi sebagian armada bus transjakarta yang beroperasi di koridor 1 Blok M-Kota amat memprihatinkan.

Armada bus JET 053, misalnya, bagian atas pintu keluar masuk penumpang sudah mengelupas lapisan kulitnya. Satu fasilitas pegangan tangan untuk penumpang, juga tampak putus dan tersuruk di bawah jok penumpang.

Sebelumnya di bus JET 038, dalam perjalanan dari Ratu Plaza menuju Kota, terlihat lantai bus yang mengelupas, robek, membentuk semacam lubang besar.

Kerusakan lantai bus ini terjadi di beberapa titik, di sepanjang koridor dalam bus tersebut. Pintu bus pun tidak secara otomatis bisa menutup atau membuka.

Petugas keamanan di dalam bus harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendorong pintu, agar menutup atau membuka sempurna. Padahal, seharusnya buka tutup pintu dioperasikan secara otomatis dari ruang sopir.

Tak hanya itu, fasilitas pendingin ruangan juga kurang berfungsi. Saat berada di bus JET 038, terasa hangat dan hanya terasa embusan angin minus rasa dingin layaknya ruangan ber-AC. Jendela kaca di bagian sopir pun dibiarkan terbuka.

Kondisi armada bus transjakarta yang tergolong buruk itu diakui oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, sebelumnya mengatakan, armada bus di Koridor 1, 2, dan 3 memang sudah saatnya diganti, karena telah berusia tujuh tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com