Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Honda Mobil-Motor di Thailand masih Tutup

Kompas.com - 27/10/2011, 10:01 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Honda Automobile Thailand Company Ltd (HATC) mengumumkan masih menutup pabriknya di Rojana Industrial Park, Ayutthaya, Thailand sejak 4 Oktober sampai waktu yang belum ditentukan. Hal serupa dilakukan Thai Honda Manufacturing Company Limited (Thai Honda) - produsen sepeda motor Honda dan generator listrik - sejak 6 Oktober (generator) dan 11 Oktober untuk sepeda motor.

Bahkan, di Rojana, Honda memerintahkan evakuasi bagi manajemen yang ada di pabrik karena kondisi yang membahayakan. Sedangkan pabrik di Bangkok dipastikan tak mengalami kerusakan teknis akibat banjir tapi "lumpuh" karena tak ada pasokan suku cadang dari produsen komponen lokal Thailand. Thai Honda berharap bisa kembali mengaktifkan kegiatan produksi akhir pekan ini (29/10), tapi belum ada kepastian kapan kiriman suku cadang kembali normal.

Akibat banjir di Thailand, Honda juga sudah menghentikan produksi mobil di Malaysia (Honda Malaysia SDN BHD) karena tak ada pasokan komponen dari Thailand per Selasa (25/10). Honda Malaysia hanya mengandalkan model-model CBU yang diimpor dari negara lain di luar Thailand.

Honda mengaku akan terus memantau perkembangan dampak yang terjadi di setiap fasilitas produksi di dunia akibat banjir Thailand. Keputusan akan diambil hati-hati dengan mempertimbangkan situasi yang ada. Honda juga memohon maaf pada seluruh konsumen yang mengalami gangguan pasokan unit dan memastikan berusaha secepat mungkin mengembalikan kondisi jadi normal lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com