Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan 10 Tahun Fit, Honda Hadirkan "Special Edition"

Kompas.com - 27/10/2011, 12:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sepuluh tahun keberadaan Honda Fit (Honda Jazz di Indonesia) meramaikan pasar global diperingati oleh Honda Motor Co (HMC) dengan memperkenalkan dua model edisi spesial, masing-masing Fit 1.3 G berkelir merah muda dan tipe RS berwarna kuning. Namun, kedua model hanya dijual di Jepang.

Hatchback 5-pintu ini mulai masuk pasar Jepang pada Juni 2001. Tahun berikutnya, HMC memutuskan Fit diproduksi secara global, dan masuk ke Indonesia pada 2004 dengan nama Jazz.

Sejak peluncurannya, Fit meraih beragam penghargaan, baik di rumah sendiri (Jepang) maupun seluruh dunia. Hal itu diawali dengan sertifikasi keselamatan yang dikeluarkan Japan New Car Assessment Program (Japan NCAP) dengan predikat 6 bintang untuk pengemudi dan penumpang sebelum bergulir di pasar. Uji tabrak pada Real World Crash Test di Tochigi, Jepang, pun telah dilalui dengan baik.

Dari segi penjualan, Fit mampu meraup 1,5 juta unit di Jepang sampai 2010. Sementara untuk penjualan kumulatifnya (global), termasuk Honda Jazz, telah mencapai 3,5 juta unit di seluruh dunia. Saat ini, Fit/Jazz telah dipasarkan di 115 negara dan juga diproduksi di 10 pabrik yang tersebar di 8 negara, termasuk Indonesia.

Dalam perkembangannya, Fit menghadirkan Fit Aria atau lebih dikenal sebagai City, yang menggabungkan hatchback dan small sedan, pada 2003 di Jepang. Pada 2010, hadir Fit Hybrid, dan awal 2011, Fit Hybrid diluncurkan di Eropa. Bersamaan dengan itu diluncurkan pula Honda Fit Shuttle, Fit Shuttle Hybrid, dan Fit EV dengan mesin pengerak bertenaga listrik dan plug in hybrid.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com