Gawat! Pabrik Honda Mobil Tutup 6 Bulan

Kompas.com - 31/10/2011, 12:05 WIB
EditorBastian

TOKYO, KOMPAS.com - Honda boleh jadi  paling "pusing" di Thailand karena pabrik  Rojana Industrial Park di Ayutthaya terendam dan sampai kini belum ada kepastian kapan bisa beroperasi sejak ditutup 4 Oktober 2011. Kabar terburuknya, Honda Motor Company (HMC) berencana menutup operasionalnya sampai 6 bulan.

Seperti dikutip Harian Bisnis Nikkei-Jepang, Senin (31/1), rencana penghentian sementara ini akan mempengaruhi produksi Honda global hingga minus 3 persen. Kalau dikonversikan, jumlahnya sama dengan 100.000 unit kendaraan.

Artinya, Honda harus segera mengalihkan pasokan produksi beberapa model sedan seperti City, Civic, Accord ke negara lain. Termasuk mencari lokasi alternatif untuk mobil global seperti Brio yang memang diciptakan dari program "eco car" milik pemerintah Thailand. Jika tak dilakukan, maka Honda akan kehilangan pasar lebih besar!

Pengaruhnya di Indonesia, model-model sedan bisa dialihkan pasokannya dari Jepang. Artinya, selain jangka waktu pengiriman lebih panjang. Harga jual juga bisa lebih tinggi!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.