Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas PU Tak Punya Sistem Peringatan Dini

Kompas.com - 31/10/2011, 14:48 WIB
M Clara Wresti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Tarjuki mengatakan, pihaknya tidak dapat memberi peringatan dini untuk mengantisipasi banjir karena Dinas PU belum memiliki sistem peringatan dini untuk di dalam kota.

"Banjir di Pondok Labu itu banjir lokal, bukan banjir kiriman, sedangkan peralatan peringatan dini yang kami miliki hanya untuk mengukur ketinggian air yang mengalir dari Bogor atau Depok. Ke depan, kami membuat peralatan peringatan dini untuk dalam kota di 10 titik. Diperkirakan dananya sekitar Rp 50 juta," kata Tarjuki, Senin (31/10/2011), di Jakarta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Fadjar Panjaitan menjelaskan,  banjir yang melanda 325 rumah di kawasan RW 03 Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, itu bukan akibat pembuatan lapangan tembak oleh Marinir TNI Angkatan Laut.

"Marinir justru telah ikut membantu membuat turap di Kali Krukut. Sekarang tinggal satu sisi lagi yang harus diturap dan itu menjadi kewajiban Pemprov DKI," kata Fadjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com