Sodetan Kali Krukut Akan Dipercepat

Kompas.com - 31/10/2011, 15:22 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantaran luapan air Sungai Krukut, beberapa wilayah di Pondok Labu, Jakarta Selatan terendam banjir. Karena itu, upaya penanganan pembuatan sodetan akan dipercepat pada November mendatang untuk mengantisipasi banjir.

"Tapi untuk pengerukan sungainya baru dapat dilakukan pada 2012. Karena baru dianggarkan pada APBD 2012," kata Sekretaris Daerah DKI, Fadjar Panjaitan, saat konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Senin (31/10/2011).

Dia menjelaskan, Dinas PU DKI akan menggunakan dana sewaktu-waktu dari anggaran 2011 untuk membuat sodetan pada lahan seluas 9.000 meter persegi yang sudah dibebaskan. Ini dilakukan untuk mengalirkan air Sungai Krukut.

Upaya penanganan banjir, kata Fadjar, terus dioptimalkan oleh Pemerintah Provinsi DKI. Hal ini mengingat puncak curah hujan tinggi akan terjadi di Jakarta berkisar pada Januari-Februari 2012.

Menanggapi instruksi dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono agar tidak terjadi bencana banjir seperti di Bangkok, Fadjar mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI sudah melakukan penanganan dan antisipasi banjir sesuai prosedur yang ada. Yang dilakukan saat ini pun sudah sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) yang ada.

"Kami berharap jangan seperti kejadian banjir di Bangkok atau seperti DKI pada 2007 lalu yang menyebabkan di lima wilayah lumpuh. Saya kira semua warga Jakarta juga berharap hal yang sama," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.