Agung dan Foke Tinjau Lokasi Banjir

Kompas.com - 31/10/2011, 16:28 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono bersama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meninjau lokasi banjir di Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Selain melihat langsung lokasi, keduanya menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat korban banjir.

"Saya bersama Pak Gubernur ke sini tidak hanya meninjau. Sudah terpikirkan solusi yang akan diambil," kata Agung di lokasi banjir Pondok Labu, Jakarta, Senin (31/10/2011).

Menurut Agung, banjir yang terjadi di Kampung Pulo tak lepas dari campur tangan manusia yang menyempitkan alur Kali Krukut. Karena itu, solusi awal yang terpikirkan adalah normalisasi alur sungai dan pembangunan parkir air. "Ini semua perlu keterlibatan masyarakat," tutur Agung.

Terkait wadah parkir air, Fauzi Bowo menambahkan, Pemprov DKI sudah memiliki tanah seluas 9.000 meter persegi di dekat lokasi. "Kita masih perlu lahan sekitar 1,6 hektar untuk tempat parkir air atau waduk," jelas Fauzi.

Kehadiran waduk menjadi proyek jangka panjang yang akan dibicarakan Pemprov bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane. Namun, untuk jangka pendek, Fauzi mengharapkan perhatian masyarakat Kampung Pulo untuk tidak melakukan penyerobotan lahan di bantaran sungai.

Fauzi juga berterima kasih kepada pihak Marinir yang bereaksi cepat dalam membantu warga yang menjadi korban banjir. "Waktu dibilang mereka berperan menyebabkan banjir, mereka tanggap dan langsung membantu," kata Fauzi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.