Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agung dan Foke Tinjau Lokasi Banjir

Kompas.com - 31/10/2011, 16:28 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono bersama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meninjau lokasi banjir di Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Selain melihat langsung lokasi, keduanya menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat korban banjir.

"Saya bersama Pak Gubernur ke sini tidak hanya meninjau. Sudah terpikirkan solusi yang akan diambil," kata Agung di lokasi banjir Pondok Labu, Jakarta, Senin (31/10/2011).

Menurut Agung, banjir yang terjadi di Kampung Pulo tak lepas dari campur tangan manusia yang menyempitkan alur Kali Krukut. Karena itu, solusi awal yang terpikirkan adalah normalisasi alur sungai dan pembangunan parkir air. "Ini semua perlu keterlibatan masyarakat," tutur Agung.

Terkait wadah parkir air, Fauzi Bowo menambahkan, Pemprov DKI sudah memiliki tanah seluas 9.000 meter persegi di dekat lokasi. "Kita masih perlu lahan sekitar 1,6 hektar untuk tempat parkir air atau waduk," jelas Fauzi.

Kehadiran waduk menjadi proyek jangka panjang yang akan dibicarakan Pemprov bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane. Namun, untuk jangka pendek, Fauzi mengharapkan perhatian masyarakat Kampung Pulo untuk tidak melakukan penyerobotan lahan di bantaran sungai.

Fauzi juga berterima kasih kepada pihak Marinir yang bereaksi cepat dalam membantu warga yang menjadi korban banjir. "Waktu dibilang mereka berperan menyebabkan banjir, mereka tanggap dan langsung membantu," kata Fauzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com