Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMK "Sulap" Besi Bekas Jadi Fixie

Kompas.com - 02/11/2011, 15:21 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Siswa kelas XII SMKN 3 Boyolagu, Tulung Agung, Jawa Timur, Ahmad Syaiful Anwar, berhasil menciptakan sepeda fixie dengan memanfaatkan besi bekas. Berkat karyanya, Syaiful sudah menghasilkan jutaan rupiah. Sepeda fixie yang terangkai dari besi bekas ini berawal dari hobi Syaiful yang suka mengutak-atik sepeda.

"Saya tidak malu membeli sepeda bekas. Sepeda gunung lawas saya ambil lagrangan-nya (rangka), kemudian saya las ulang. Sepeda fixie ini juga dari besi bekas tadi," ucap Syaiful bangga saat ditemui di acara Jawara SMK se-Jatim di Empire Palace, Rabu (2/11/2011).

Syaiful mengaku sering berburu sepeda bekas yang masih memiliki rangka berkualitas baik. "Sebelumnya, saya juga sudah ciptakan sepeda balap, gunung, dan BMX," kata Syaiful.

Hingga saat ini, sudah 25 sepeda karya Syaiful yang laku. Selain bisa disesuaikan dengan permintaan pembeli, kualitasnya juga tak kalah dengan sepeda fixie bermerek.

Syaiful melepas sepeda karyanya di pasaran dengan harga antara Rp 900.000 dan Rp 1,2 juta. Untuk satu sepeda, ia hanya mengambil untung rata-rata Rp 100.000.

"Kami rakit sendiri. Untuk ngelas ke bengkel teman. Memang harus telaten. Setidaknya, jika sepeda makin diminati, bisa mengurangi polusi dan menyehatkan," ujar Syaiful.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com