Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan KRL Ekonomi Sebagian Lebih Baik

Kompas.com - 08/11/2011, 11:08 WIB
Hermas Effendi Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelayanan kereta rel listrik (KRL) ekonomi di beberapa rangkaian kereta sudah lebih baik.

Seperti pada KRL ekonomi No 735 jurusan Serpong (Tangerang Selatan)-Tanah Abang (Jakarta Pusat), yang berangkat dari Serpong pukul 10.00 dan sampai Tanah Abang pukul 10.40.

Ruang gerbong terlihat baru dengan cat baru, begitu juga dengan lantainya. Kondisi ini membuat penumpang KRL lebih nyaman dan jauh dari kesan bau. Kursi yang berderet memanjang di kedua sisi kerbong juga seperti baru. Begitu juga dengan pegangan penumpang yang juga terlihat baru.

"Jembatan" penyambung antar-ruang gerbong juga rapi sehingga tidak membahayakan penumpang yang melintas ke gerbong lain. Lantai yang rapi, halus, dan bersih serta jembatan antargerbong yang rapi juga memudahkan para pengamen dan pengemis yang cacat fisiknya untuk berlalu lalang.

Seperti yang tampak pada siang ini. Sepasang pengamen buta sambil menggendong anaknya bisa leluasa mendendangkan lagu. Begitu pula dengan orang yang cacat kedua kakinya dan harus berjalan menggunakan papan peluncur juga bisa leluasa "bertugas". Konsumen pengguna KRL ekonomi tentu senang bila pelayanan serupa juga diberlakukan pada KRL ekonomi lain, termasuk KRL ekonomi Bogor-Jakarta.

Nasib penumpang KRL ekonomi Bogor-Jakarta memang tidak lebih baik. Pekan lalu, misalnya, KRL ekonomi yang dioperasikan sudah tidak terawat. Lantai gerbongnya rusak, cat gerbongnya kusam, dan tampak kumuh. Tidak hanya itu, penumpang yang membawa seikat bambu sepanjang 5 meter juga dibiarkan masuk sehingga mengganggu penumpang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com