Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bento Dikecam Jelang Laga Portugal Vs Bosnia

Kompas.com - 09/11/2011, 03:22 WIB

LISABON, SELASA - Pelatih Portugal Paulo Bento dikecam bek Jose Bosingwa atas pernyataannya yang dinilai meren dahkan saat mencoret bek Chelsea itu dari daftar skuad timnas. Kecaman kepada Bento mengiringi persiapan Portugal jelang lawatan ke Bosnia-Herzegovina dalam partai leg pertama play-off Piala Eropa 2012 di Stadion Bilino Polje, Zenica, Jumat (11/11).

Bosingwa tidak dipanggil masuk timnas Portugal. Pekan lalu, Bento menjelaskan, alasan pencoretan Bosingwa karena bek sayap Chelsea itu dianggap tidak memenuhi persyaratan yang dia tetapkan, termasuk ”yang terkait masalah emosi dan mental”.

Lewat harian olahraga Portugal, A Bola, Selasa (8/11), Bosingwa mengecam balik Bento dan menyatakan tidak akan bersedia membela Portugal selama Bento menjadi pelatihnya. ”Hal ini menyakitkan untuk dikatakan, tetapi selama Bento tetap menjadi pelatih Portugal, saya tidak mau lagi memakai kostum tim nasional,” kata Bosingwa.

”Saya merasa diserang dan tidak mendapat respek dengan pernyataan-pernyataannya menyangkut diri saya. Saya tak paham apa yang dimaksudkan pelatih dengan urusan emosi dan mental. Sebab, sulit bagi seorang pemain mencapai level saya saat ini jika lemah dalam hal-hal yang disebutkan pelatih,” lanjutnya.

”Saya bermain di Chelsea, yang bagi banyak orang disebut liga terbaik di dunia,” ujar Bosingwa. Pemain berusia 29 tahun yang mencatat 24 cap itu menjadi pemain utama Chelsea di bawah Pelatih Andre Villas-Boas.

Bosingwa juga menyerang Bento terkait masa lalunya yang pernah diskors enam bulan oleh UEFA karena melakukan ulah tak terpuji terhadap wasit seusai semifinal Piala Eropa 2000 melawan Perancis, 11 tahun lalu.

September lalu, bek Ricardo Carvalho juga mengumumkan pengunduran diri dari timnas dengan alasan dirinya merasa tidak mendapat respek.

Coentrao-Pepe tampil

Selain Bosingwa, striker Dany dan bek Silvio juga absen karena cedera. Posisi keduanya diisi gelandang PAOK Salonika, Vieirinha, dan bek Malaga, Eliseu. Meski demikian, Portugal tetap turun dengan pemain top, termasuk bek Fabio Coentrao, Pepe, dan striker Hugo Almeida.

Ketiganya absen saat Portugal menghadapi Eslandia dan Denmark pada kualifikasi grup, saat Portugal kebobolan lima gol. Tampilnya Coentrao dan Pepe, yang satu klub di Real Madrid, diharapkan memperkokoh lini pertahanan. Setelah tandang ke Bosnia, Portugal giliran tuan rumah leg kedua, 15 November.

Selain Bosnia versus Portugal, laga play-off lain mempertemukan Turki versus Kroasia, Ceko versus Montenegro, dan Estonia versus Irlandia. (REUTERS/SAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com