Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keselamatan Jadi Faktor Utama MRT

Kompas.com - 10/11/2011, 10:38 WIB
Budiman Tanuredjo

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com- Keselamatan akan menjadi faktor utama dalam operasional mass rapit transit (MRT) di Jakarta yang akan operasional pada tahun 2016. Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo mengemukakan hal itu kepada wartawan di sela-sela kunjungan pameran internasional soal mass trans innovation di Tokyo, Kamis (10/11/2011).

Dikatakan Tribudi, sistem sinyal yang akan digunakan MRT lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sejauh 15 km akan menggunakan sistem moving block. "Tidak menggunakan sistem tiang tapi menggunakan communication base yang terkoordinasi dengan gerbong," kata Tribudi.

Sistem yang akan dipakai MRT akan menggunakan automatic train operation (ATO) untuk menjalankan kereta. Sedangkan untuk mencegah tabrakan dikendalikan oleh automatic train protection (ATP).

Jadi, kata Tribudi, sistem MRT Jakarta akan menggunakan masinis tunggal. "Ibaratnya masinis hanya akan berfungsi untuk buka dan tutup pintu," kata Tribudi seraya menambahkan kehadiran masinis juga untuk memberikan dampak psikologis.

Bagi penumpang Indonesia, kata Tribudi, belum terbayangkan naik MRT tanpa ada masinis sama sekali. Untuk MRT Lebak Bulus-Bundaran HI akan menggunakan sistem dan teknologi dari Jepang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com