Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini 1.000 Pasangan Menikah pada 11-11-11

Kompas.com - 11/11/2011, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski bukan hari libur, rupanya banyak calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahannya pada Jumat (11/11/2011) ini. Hari ini sepertinya memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki tanggal, bulan, dan tahun pada bilangan angka 11. Di Ibu Kota, pada hari ini, setidaknya ada 1.000 pasang calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

Tidak hanya itu, hari ini, rencananya beberapa pasang calon pengantin juga akan melangsungkan akad nikah tepat pukul 11.00. Sekitar 200 pasang calon pengantin tercatat akan mengucapkan ijab kabul di hadapan penghulu pada jam tersebut.

Kepala Seksi Kepenghuluan Bidang Urais Kementerian Agama Kanwil DKI M Habib memperkirakan, jumlah calon pengantin yang akan menikah pada hari ini 1.000 pasang.

"Biasanya, setiap penghulu melakukan tugasnya di setiap akad selama satu jam hingga satu setengah jam. Bila mulai dari jam tujuh pagi sampai jam sebelas siang, maka sudah ada seribu calon pengantin. Kalau untuk sore jarang, walaupun mungkin ada," ujar Habib, Kamis (10/11/2011).

Untuk melayani pasangan calon pengantin yang akan menikah hari ini, pihaknya mengerahkan 200 penghulu, yang tersebar di 44 kantor urusan agama di Jakarta. Diperkirakan, satu pengulu akan menikahkan lima pasang calon pengantin.

Menurut Habib, banyaknya pasangan calon pengantin yang menikah di tanggal unik tersebut karena pernikahan merupakan satu momen yang penting bagi setiap orang. Sehingga setiap pasang calon ingin melakukannya di waktu yang menurut mereka unik.

Kelurahan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kelurahan Cakung, Jakarta Timur, serta Pasar Minggu dan Kebayoran Lama di Jakarta Selatan, Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat, serta Kelurahan Tanjung Priok dan Cilincing, Jakarta Utara, merupakan wilayah dengan angka permohonan pernikahan cukup tinggi.

Bahkan menurut Habib, di Kelurahan Tanah Abang, para penghulu memutuskan untuk menginap di Kantor Urusan Agama (KUA). “Itu dikarenakan ada pasangan calon pengantin yang akan ijab kabul pada pukul 05.00, atau pukul 06.00," ujarnya.

Dia memperkirakan, tidak tertutup kemungkinan hal yang sama juga terjadi di wilayah lain. Untuk menghadapi meningkatnya jumlah orang yang menikah pada tanggal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa KUA.

Banyaknya pernikahan yang dilangsungkan di tanggal unik tersebut, beberapa tempat yang biasa digunakan untuk melangsungkan pernikahan terpaksa menolak calon pasangan pengantin karena jadwalnya sudah penuh. Hal itu terjadi di Masjid Sunda Kelapa, di Menteng, dan Gedung Al-Azhar, yang harus menolak 20 pasang yang berniat melangsungkan pernikahan di kedua tempat tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com