Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Penjernih Air Disediakan di Pondok Labu

Kompas.com - 11/11/2011, 14:01 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan DKI Jakarta segera menyediakan mesin penjernih air di wilayah Kampung Pulo, Pondok Labu yang sempat terendam banjir beberapa waktu lalu. Hal ini dilakukan agar warga mendapat air bersih dan mengantisipasi penyebaran penyakit diare pasca banjir.

"Kami juga melakukan pengasapan atau foging dan juga ada penyemprotan lalat di rumah-rumah warga," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI, Ibn Banjar, di Jakarta, Jumat (11/11/2011).

Faktor penyebab utama diare menyebar di daerah banjir lantaran pasokan air bersih di wilayah banjir terbilang kurang. Air sumur pun terkontaminasi karena ikut terendam banjir sehingga tidak bisa dikonsumsi untuk minum.

"Beberapa pasien yang ditangani memang mengalami diare. Tapi keluhan paling banyak, warga mengalami gatal-gatal dan flu," ujar Ibn Banjar.

Selain itu, Dinas Kesehatan DKI juga mengimbau agar warga menggunakan cairan pembersih lantai untuk membersihkan lantai yang terendam banjir. Untuk mencegah kuman-kuman yang menempel di lantai berkembang biak.

"Untuk membersihkan lantai, harus menggunakan karbol. Jadi, sisa-sisa kuman yang menempel di lantai bisa mati dan tidak menyebarkan penyakit," ujar Ibn Banjar.

Saat ini posko kesehatan di lokasi tersebut telah dibongkar. Petugas medis dari puskesmas kelurahan dan kecamatan, hanya datang jika dibutuhkan saja.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI tercatat pada periode 31 Oktober hingga 8 November 2011, sebanyak 282 pasien korban banjir yang ditangani. Kemudian 26 pasien diantaranya mengalami diare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com