Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Banjir Pondok Labu Mengadu ke DPR

Kompas.com - 14/11/2011, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga korban banjir Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan, akan mengadukan kondisi penanganan banjir yang tersendat ke DPR. Ketua RT 11 RW 03, Kampung Pulo, Sugiyono kepada Kompas.com menuturkan, saat ini baru Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), yang bersedia menampung laporan dan keluhan mereka.

Korban banjir Kali Krukut secara khusus mengeluhkan lambatnya pembongkaran gorong-gorong yang disinyalir sebagai penyebab terjadinya banjir. "Yang dibongkar cuma tutup atasnya. Itu pun sisa bongkaran masih banyak yang dibiarkan di dalam kali," kata Sugiyono, Senin (14/11/2011).

Akibatnya, aliran kali tetap tersendat dan permukiman warga terus diluberi banjir. Karena itu, kata Sugiyono, warga berharap pembongkaran dilakukan atas seluruh gorong-gorong yang menghambat aliran air.

"Kalau sekarang kami bukan kena banjir lagi, tapi selalu terendam," ujar Sugiyono.

Minggu (13/11/2011) kemarin, ketinggian air di RT 11 mencapai dada orang dewasa. Atas inisiatif bersama, warga setempat lantas melakukan kerja bakti dengan membersihkan sampah dari dalam kali Krukut. "Warga kami sudah berusaha menjaga kebersihan, tapi sampah kiriman terus berdatangan," kata Sugiyono.

Warga Kampung Pulo juga menyayangkan minimnya perhatian pemerintah dalam melakukan pengawasan atas pembongkaran gorong-gorong. Dengan turunya hujan setiap hari, mereka mengkhawatirkan situasi permukiman mereka akan memburuk jika pihak terkait tak kunjung menunjukkan perhatian dalam penanggulangan bencana tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com