Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Kurangi Sampah Ke Bantar Gebang

Kompas.com - 17/11/2011, 17:11 WIB
M Clara Wresti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya resistensi dari masyarakat berkaitan dengan pembuangan sampah, membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus memikirkan upaya pembuangan sampah yang paling baik, sehat bagi lingkungan, dan bisa mempunyai nilai tambah untuk masyarakat.

Dengan pemikiran itu, kini Pemprov DKI sedang menyusun rancangan peraturan daerah yang berkaitan dengan sampah. Kelak peraturan itu akan mengatur agar sampah dari Jakarta tidak lagi dibuang ke Bantar Gebang, Bekasi, melainkan diolah sendiri di dalam kota.

"Sudah ada beberapa tempat yang kami siapkan untuk pengolahan sampah. Semuanya memakai teknologi yang modern, tidak lagi memakai sistem landfill yang sering mengganggu kesehatan lingkungan," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Bharuna, di Jakarta, Kamis (17/11/2011).

Untuk mengolah sampah dengan teknologi modern itu, Pemprov DKI akan menggandeng pihak swasta untuk operasionalnya. "Pemerintah tidak lagi terjun dalam operasional, tetapi fungsinya hanya sebagai regulator saja," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com