Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Bawa Nasi Teri Untuk Foke

Kompas.com - 19/11/2011, 15:40 WIB
Lasti Kurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu tampah berisi nasi dengan lauk teri dibawa puluhan buruh di depan gedung Gubernur DKI Jakarta sebagai kantor Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau yang akrab dipanggil Foke, Jakarta, Sabtu (19/11).

Buruh yang tergabung dalam Forum Buruh Lintas Pabrik (FBPL) dan perwakilan buruh Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung tersebut mulai datang pukul 15.00 wib dengan tampah nasi teri, atribut merah-merah, spanduk, dan umbul-umbul pernyataan sikap.

Mereka menuntut Pemda DKI Jakarta memperbaiki dan menaikan Upah Minimum Propinsi (UMP). Dan tidak setuju dengan usulan UMP dari Dewan Pengupahan DKI yaitu hanya sebesar Rp. 1.497.838,-. Jumlah ini menurut para buruh hanya cukup untuk hidup pas-pasan (tidak layak).

Para Buruh yang kini tengah melakukan orasi di gerbang Kantor Gubernur menuntut UMP DKI Jakarta 2012 harus sebesar Rp. 2.002.898,-. Hal ini berdasarkan survey Asosisasi Serikat Pekerja (ASPEK) tahun 2011 akan kebutuhan riil hidup sehari-hari bagi buruh di DKI Jakarta.

Sebagai lanjutan aksi ini buruh KBN Cakung akan mogok serentak pada pekan depan, yaitu 21-25 November 2011. Rencananya aksi tersebut akan diikuti 80.000 buruh yang bekerja di 100 pabrik di kawasan tersebut.

Tak hanya di KBN Cakung, para buruh juga mengajak atau menyerukan pada semua buruh di kawasan industri di Jabodetabek untuk mogok masal demi memperjuangkan tercapainya perbaikan UMK ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com