Sopir Angkutan di DKI Wajib Berseragam

Kompas.com - 23/11/2011, 11:26 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI Jakarta mulai mengadakan sosialisasi kewajiban mengenakan seragam bagi para pengemudi angkutan umum. Sosialisi diadakan di sejumlah terminal angkutan umum di Jakarta.

"Sosialisasi ini jadi lanjutan kebijakan untuk membatasi terjadi kejahatan dalam angkutan umum," kata Kepala Subdinas Perhubungan Jakarta Timur Mirza Aryadi saat melakukan sosialisasi di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.

Mirza menjelaskan, kewajiban berseragan diterapkan untuk memperjelas identitas para pengemudi. Lebih dari itu, pihaknya dan masyarakat umum bisa memastikan pengemudi angkot yang sebenarnya dan yang sambilan (sopir tembak). "Ini akan membatasi ruang gerak sopir tembak," kata Mirza.

Sosialisasi seragam pengemudi merupakan lanjutan penertiban kaca film angkutan umum yang dilakukan pada bulan Agustus dan September. Mirza menjelaskan, kebijakan yang ditempuh Dinas Perhubungan DKI ini merupakan penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Langkah tegas ini diambil setelah terjadi sejumlah tindak kejahatan di angkutan umum yang diduga dilakukan oleh para sopir tembak.

"Sebagaimana pada waktu razia kaca film, kami juga akan berkeliling dari terminal ke terminal untuk sosialisasi langsung kepada sopir-sopirnya," kata Mirza.

Menurut rencana, penindakan atas kewajiban berseragam bagi para pengemudi angkot akan dilakukan mulai Januari 2011.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.