Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke : Solusi Banjir Rob Tidak Bisa Tambal Sulam

Kompas.com - 28/11/2011, 16:38 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, solusi sementara untuk penanganan banjir rob di kawasan utara Jakarta ini secepatnya akan dilakukan. Salah satunya adalah prioritas pada peninggian tanggul di kawasan tersebut.

"Saya tekankan begini, barangkali solusi sementara bisa ditemukan untuk tiga sampai empat tahun ke depan. Paling jauh paling lima tahun. Tapi solusi akhir, itu tidak bisa dengan cara tambal sulam seperti ini," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balai Kota, Jakarta, Senin (28/11/2011).

Oleh karena itu, saat ini pihaknya tengah mematangkan masterplan untuk solusi jangka panjang penanganan banjir rob di kawasan utara Jakarta. Bentuk jalan keluarga berupa pembangunan Jakarta Coastal Sea Defense ini menjadi tanggung jawab bersama baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.

"Kami akan tuangkan kajian dalam bentuk masterplan. Sudah saya sampaikan laporannya ke Presiden," ujar Foke.

Kendati demikian, proses pembangunan ini tidak dapat lekas terlaksana. Terkait dana pembangunan, nantinya akan menggunakan sistem kerja sama pemerintah dan swasta karena pembiayaannya tidak akan mengandalkan Anggaran Perencanaan Belanja Daerah (APBD).

"Jadi tidak bisa langsung terwujud begitu saja. Namanya juga untuk jangka panjang. Perhitungannya untuk 50 sampai 100 tahun ke depan," kata Gubernur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com