Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterlambatan KRL Sulit Dihindari

Kompas.com - 05/12/2011, 16:47 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com- Kelambatan jadwal kereta rel listrik (KRL) komuter di banyak stasiun sulit dihindari. Di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi kelambatan saling terkait dengan banyak hal. Karena itu, meskipun sudah ada jadwal baru, kelambatan keberangkatan kereta tetap terjadi.

"Kelambatan pemberangkatan di Stasiun Depok terjadi 5-20 menit. Kelambatan pemberangkatan ini sulit dihindari karena terkait dengan perputaran kereta. Misalnya jika ada gangguan di Stasiun Manggarai, maka akan mempengaruhi keberangkatan di stasiun lain, termasuk di Depok," tutur Sudarno, petugas informasi Stasiun Depok, Senin (5/12/2011).

Dia mencontohkan KRL ekonomi dari Bogor tujuan Jakarta 847, mestinya tiba di stasiun Depok pukul 12.42, namun kereta baru tiba pukul 12.52. Terjadi kelambatan pemberangkatan 10 menit dari jadwal semestinya. "Kereta datang di sini sudah terlambat, berangkatnya juga menjadi terlambat," tutur Sudarno.

Hal yang sama disampaikan Kepala Stasiun Depok Dwi Purwanto. Menurut dia, kelambatan jadwal tetap terjadi setelah berlaku jadwal baru. Sebagian penumpang memaklumi kelambatan ini, namun juga tidak sedikit yang kecewa. "Persoalan ini sangat kompleks, saling terkait dengan faktor lain," tutur Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com