Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koridor XI Beroperasi Akhir Desember

Kompas.com - 06/12/2011, 15:59 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhir Desember, pembangunan Koridor XI bus transjakarta jurusan Kampung Melayu-Pulo Gebang rencananya akan mulai beroperasi. Ini bersamaan dengan beroperasinya tambahan 44 bus gandeng yang berasal dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Sampai saat ini sudah masuk tahap penyelesaian seperti perapian pintu halte," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, di Jakarta, Selasa (6/12/2011).

Dia mengatakan, pengerjaan selter bus transjakarta di lapangan terus dilakukan agar jadwal pengoperasiannya tidak mundur. Sejauh ini, ada 19 halte yang dibangun untuk melayani penumpang yang akan menggunakan Koridor XI ini.

"Kalau untuk JPO (jembatan penyeberangan orang) semuanya sudah selesai dikerjakan," ujar Pristono.

Adapun 19 halte di Koridor XI tersebut adalah Halte Wali Kota Jakarta Timur, Klinik, Teratai Putih, Stasiun Buaran, Bioskop Buaran, kantor PPP, Buaran I, Kampung Sumur, PMI, Mall Klender, SMU 12, Pom Bensin, Taman Cipinang, Migrasi, Pasar Enjo, Flyover Jatinegara, Stasiun Jatinegara, RS Mitra, dan Kampung Melayu.

"Dari 19 halte itu, 18 di antaranya adalah halte baru dan satu halte renovasi," kata Pristono.

Pembangunan Koridor XI itu sudah dilakukan sejak September silam. Nantinya, akan ada fasilitas park and ride pada koridor ini untuk memudahkan para pengguna kendaraan pribadi memarkirkan kendaraannya dan melanjutkan kembali menggunakan angkutan umum.

"Park and ride ini untuk mulai mengajak masyarakat berpindah ke angkutan umum," kata Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com