Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busyro Siap Kerja Bareng Pengkritiknya

Kompas.com - 06/12/2011, 20:49 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum terpilih sebagai pimpinan terpilih Komisi Pemberantasan Korupsi, para calon pimpinan KPK banyak mengkritik kinerja KPK pimpinan Busyro Muqoddas. Kritik itu disampaikan sejak seleksi di Panitia Seleksi Capim KPK hingga fit and proper test di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat.

Para pimpinan terpilih KPK itu sering mengkritik KPK karena hanya fokus pada penanganan kasus-kasus kecil dan mengabaikan kasus korupsi dengan nilai kerugian besar terhadap negara. Mereka juga mengkritik pernyataan Busyro yang sering menjadi polemik.

Setelah dilantik menjadi pimpinan baru KPK, empat pimpinan terpilih KPK itu akan bekerja sama dengan Busyro yang mereka kritik pada proses seleksi. Bagaimana tanggapan Busyro terhadap kritik tersebut?

Menurut Busyro, pimpinan lembaga harus siap dikritik. Berbagai kritik itu, kata dia, tidak akan mengganggu kerja KPK nantinya. Busyro mengaku siap bekerja sama dengan Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnain sebagai pimpinan baru KPK.

"Saya sedang melatih diri untuk berjiwa besar. Kalau orang mau belajar berjiwa besar, jangan mudah sensitif, apalagi marah dalam hal apa saja," kata Busyro seusai diskusi tertutup di Fraksi Partai Demokrat di DPR, Selasa (6/12/2011).

Ketika dimintai tanggapan desakan mundur dari jabatan pimpinan KPK, Busyro menjawab, "Enggak akan mundur. Sampai tiga tahun lagi, insya Allah, sudah diberi amanat."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com