Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KLB Hepatitis A di Depok

Kompas.com - 10/12/2011, 22:01 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Setelah awal November lalu terjadi serangan virus hepatitis A, peristiwa serupa kembali terjadi saat ini. Tempat merebaknya virus juga sama-sama di sekolah, kali ini di SMA Negeri 4 Depok, Jawa Barat.

Serangan virus di sekolah ini membuat 38 siswa tidak masuk mengikuti ujian semester. Dari jumlah itu, Pemerintah Kota Depok menyatakan, tiga orang di antaranya positif terserang hepatitis A. Sementara informasi dari kalangan orangtua siswa, sesuai dengan hasil uji laboratorium rumah sakit, paling tidak ada 25 siswa positif terserang.

"Melihat dari penyebaran virus dan jumlah korban, kasus ini bisa dianggap kejadian luar biasa (KLB)," tutur Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, Sabtu (10/12/2011).

Menurut Nur Mahmudi, saat ini Pemkot Depok mengambil langkah pencegahan untuk menghindari dampak lebih buruk.

Dinas kesehatan sejak Jumat (9/12/2011) mendirikan posko kesehatan di dalam sekolah. Tim medis memeriksa siswa dan guru yang mengeluhkan kesehatannya. Tim medis juga memberi obat, vitamin, serta masker kepada siswa dan guru yang membutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com