Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Peluang Jokowi Diusung PDI-P

Kompas.com - 11/12/2011, 17:31 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Walikota Solo Joko Widodo termasuk dalam daftar bakal calon Gubernur DKI Jakarta yang akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Meskipun, nama Jokowi, sapaan Joko Widodo, tidak termasuk 20 nama yang ikut mendaftarkan diri ke DPD PDIP, ia akan tetap diusung lantaran ia dinilai partainya sebagai kader berkualitas.

"Ada mekanisme khusus untuk kalangan internal, kader partai. Mereka bisa diminta khusus oleh DPP untuk tugas tertentu. Jadi, Mas Jokowi tidak perlu mendaftar," ungkap Marihot Napitupulu, Ketua Departemen Komunikasi Politik DPD PDIP DKI Jakarta, Minggu ( 11/12/2011 ) .

Nama Jokowi bersama calon petahana Fauzi Bowo tidak termasuk 20 nama yang berkasnya telah diverifikasi oleh DPD PDIP dan diserahkan ke DPP PDIP pada Jumat malam. Walau begitu, dalam tahap penjaringan nama bakal calon, ada mekanisme internal partai PDIP yang memungkinkan kader partai berkualitas ditugaskan partai untuk mengikuti tahap-tahap pengujian. "Kader wajib mengikuti amanat partai," kata Marihot.

Ia juga mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak Jokowi terkait pengusungan namanya sebai bakal calon Gubernur DKI Jakarta 2012. Marihot tidak menutup kemungkinan sudah adanya komunikasi dengan pihak DPP. Namun, ia memastikan konfirmasi tersebut seharusnya didapatkan pihaknya sebagai panitia penjaringan.

"Secara pribadi, saya lebih setuju dengan pernyataan Mas Jokowi, untuk saat ini berkonsentrasi dulu mengurus Solo," ungkap Marihot. Ia sendiri menilai, Jokowi sebagai salah satu kader yang sudah terbukti kualitas kepemimpinannya. Perubahan besar yang dihadirkan Jokowi dalam dua periode duduk sebagai Walikota Solo, menurut Marihot, sudah mendapat pengakuan secara nasional. Karena itu, ia menilai Jokowi layak dimintai DPP PDIP untuk merambah pertarungan kursi nomor 1 di Ibukota.

Bersama 20 nama lainnya, calon-calon tersebut akan menjalani pengujian yang akan dilakukan DPP PDIP. Di antara mereka, terdapat nama-nama, seperti Letjen (Purn.) Nono Sampono dan wanita emas Hasnaeni. Dari kalangan internal PDIP, selain Jokowi, ada juga mantan Walikota Surabaya Bambang DH dan anggota DPR RI Ribka Tjiptaning dan Boy Sadikin, putra mantan Gubernur DKI Ali Sadikin. "Tidak ada prioritas pada kader partai. Semuanya akan mendapat penilaian yang adil," jamin Marihot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com