Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koridor XI Dilengkapi Fasilitas Tunanetra

Kompas.com - 12/12/2011, 14:01 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2011 tentang Penyandang Cacat, koridor XI (Kampung Melayu-Pulo Gebang) akan dilengkapi dengan fasilitas umum bagi penyandang cacat. Fasilitas ini berupa akses khusus untuk penyandang tunanetra.

"Memang akan dibuat sehingga penyandang tunanetra mudah masuk keluar halte dan busnya," kata Kepala Seksi Fasilitasi Pendukung Dinas Perhubungan DKI Erna Yuni, di Jakarta, Senin (12/12/2011).

Di sepanjang koridor XI yang memiliki 15 halte bus transjakarta ini, semuanya akan dilengkapi dengan fasilitas untuk penyandang tunanetra, yaitu ubin dengan gambar timbul. Tidak hanya itu, di halte Kantor Wali Kota Jakarta Timur juga dibangun dua toilet, satu toilet umum dan toilet khusus untuk penyandang cacat.

"Sesuai dengan perda yang sudah terbit. Transportasi massal harus ramah kepada penyandang cacat," ujar Erna.

Sebelumnya, bus transjakarta di beberapa koridor memang dilengkapi dengan ruang kosong untuk para penyandang cacat fisik yang menggunakan kursi roda. Kemudian akses di beberapa koridor juga sudah dilengkapi dengan ramp dari dan ke halte.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com