Tunggu Pemenang Tender, MRT Persiapan "Ground Breaking"

Kompas.com - 13/12/2011, 02:37 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Proyek pengerjaan mass rapid transit (MRT) terus berjalan dan rencananya pada paruh pertama tahun 2012 akan ada persiapan ground breaking. Hal ini dilakukan sambil menunggu pengumuman pemenang tender yang muncul pada September 2012.

"Selama menunggu pemenang tender, persiapan untuk ground breaking harus sudah dilakukan pada paruh pertama tahun 2012," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Balaikota, Jakarta, Senin (12/12/2011).

Adapun pekerjaan yang dilakukan untuk persiapan ground breaking adalah pelebaran Jalan Fatmawati, relokasi utilitas, pemindahan sementara Terminal Lebak Bulus ke lokasi stadion, pemindahan beberapa halte busway, dan menyiapkan konstruksi depo.

Ia berharap pembebasan lahan segera selesai sehingga pekerjaan untuk proyek MRT ini bisa segera terealisasi sesuai jadwal.

"Sejauh ini masih sesuai jadwal. Kalau pembebasan lahan cepat selesai, maka pembangunan jalur Lebak Bulus-Bundaran HI bisa selesai 2016, lalu Bundaran HI-Kampung Bandan selesai 2018," ungkap Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Sementara itu, pada Januari 2012 sudah dapat diketahui kontraktor yang lolos prakualifikasi tender. Nantinya kontraktor yang lolos prakualifikasi tender ini langsung ikut tender untuk kemudian diumumkan pada September 2012 sebagai pemenang. "Jadi, pengerjaan konstruksi dapat segera dilakukan pada bulan Oktober," ungkap Foke.

Studi kelayakan untuk jalur MRT sudah memasuki tahap akhir. Pelaporan terkait hasil dari studi kelayakan ini akan segera disampaikan pada akhir bulan Desember ini.

Sementara itu, studi analisis dampak lingkungan (amdal) jalur Bundaran HI-Kampung Bandan sudah selesai.

"Hasil studi kelayakan timur-barat masih ada di Ditjen Perkeretaapian. Setelah selesai akan dibawa ke Bappenas untuk dibahas lebih dalam," kata Deputi Gubernur Bidang Transportasi Sutanto Soehodo.

Bappenas ikut turun tangan membahas hal ini mengingat jalur timur-barat melewati tiga provinsi, salah satunya provinsi Jawa Barat.

Untuk memperlancar pengerjaan MRT, ia berharap pembahasan jalur timur-barat bisa selesai tepat waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.