Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, Tarif Parkir Naik

Kompas.com - 13/12/2011, 19:39 WIB
M Clara Wresti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menaikkan tarif parkir tahun 2012. Kenaikan tarif parkir ini sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran DKI Jakarta Enrico Vermy mengatakan, pihaknya memang telah mengusulkan kenaikan tarif parkir. "Kenaikannya bervariasi, tergantung golongan," kata Enrico, Selasa (13/12/2011), di Jakarta.

Tarif ini berlaku di semua area parkir, seperti jalan umum, lingkungan parkir, pelataran parkir, dan gedung parkir. Namun, dia juga menambahkan, kenaikan tarif parkir ini akan digodok dulu di DPRD sehingga belum pasti kapan akan diberlakukan.

"Saat ini saja DPRD masih menggodok raperda (rancangan peraturan daerah) tentang perparkiran. Mungkin setelah raperda itu disahkan, baru kita bahas kenaikan parkir ini," tutur Enrico.

Besaran tarif parkir yang diajukan pada golongan A untuk jenis sedan dan sejenisnya yang semula Rp 1.000 untuk jam pertama menjadi Rp 4.000, dan berlaku untuk jam berikutnya.

Jenis bus dan sejenisnya yang semula Rp 2.000 untuk jam pertama menjadi Rp 6.000, dan berlaku untuk jam berikutnya. Untuk sepeda motor yang semula Rp 500 menjadi Rp 2.000 untuk sekali parkir.

Sementara untuk golongan B, jenis sedan dari semula Rp 1.000 menjadi 2.000 untuk satu kali parkir. Jenis bus semula Rp 2.000 menjadi Rp 6.000 untuk satu kali parkir. Sepeda motor semula Rp 500 menjadi Rp 1.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com