Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Resmi Siap Bantu Razia Sopir Tembak

Kompas.com - 16/12/2011, 17:06 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menanggapi maraknya kejahatan dan tindak asusila di angkutan umum yang merugikan banyak pihak, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, Sudirman, bersedia untuk ikut membantu melakukan sweeping terhadap sopir tembak bersama dengan sopir-sopir resmi angkutan umum.

"Keberadaan sopir tembak ini meresahkan sekali. Jika tidak segera diatasi maka dampaknya sangat buruk terhadap transportasi di Jakarta," kata Sudirman, di Jakarta, Jumat (16/12/2011).

Kendati demikian, dia menyadari keterbatasan petugas di lapangan mengakibatkan sulitnya penertiban ini. Karena itu, masih banyak sopir tembak yang berkeliaran meski telah dilakukan penertiban berulang kali sejak kejadian yang menimpa mahasiswi Universitas Bina Nusantara, Livia.

"Kami siap membantu petugas untuk merazia sopir tembak. Karena dalam kondisi ini bukan hanya penumpang yang dirugikan, melainkan juga pengusaha angkutan," kata Sudirman.

Menurut dia, keikutsertaan sopir dalam penertiban ini akan jauh lebih optimal karena para sopir resmi ini jauh lebih paham dengan kondisi lapangan. Selain itu, para sopir juga lebih mengerti trayek mana saja yang rawan tindak kejahatan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, mengatakan, penertiban terhadap sopir tembak tidak bisa dilakukan secara serampangan. Menurut dia, tindakan yang diambil harus sesuai dengan hukum yang berlaku. "Ini bukan hukum rimba, harus sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com