Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toilet Umum Beralih dari Taman ke Kolam DPR

Kompas.com - 17/12/2011, 16:24 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan pengunjuk rasa dari suku Anak Dalam, Jambi, beserta kelompok petani asal Jambi dan Riau hingga hari ke-5, Sabtu (17/12/2011), memilih tetap bermalam di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, hingga tuntutan mereka mendapat kejelasan. Untuk memenuhi tuntutan biologis, mereka terpaksa membuang hajat di tempat terbuka di sekitar gedung wakil rakyat.

Jika sebelumnya mereka memanfaatkan taman di depan gerbang sebagai toilet umum, menurut informasi, saat ini kolam di dekat gerbang juga ikut dimanfaatkan para pengunjuk rasa.

"Sekarang (buang hajat) di sekitar kolam. Stok airnya banyak," kata salah seorang pengunjuk rasa dengan santai.

Dia merasa pilihan tersebut tidak keliru lantaran permintaan kendaraan toilet umum yang diajukan mereka tidak diindahkan. Mawardi, pendamping suku Anak Dalam, menjelaskan, mereka masih memanfaatkan tempat yang sama, taman dan kolam di depan gerbang sebagai toilet umum.

"Tapi, kalau malam, ada beberapa yang bisa nyelinap ke dalam," kata Mawardi, Ketua Komite Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Demokratik (PRD) Jambi.

Terkait tuntutan suku Anak Dalam (SAD) 113 Tanah Menang Batanghari, Jambi, dia menjelaskan, mereka telah bertemu pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pusat pada Rabu. Kepada mereka, pihak BPN menjanjikan akan melakukan gelar perkara di lokasi sengketa pada Januari 2012. BPN selaku pihak yang mengeluarkan hak guna usaha (HGU) PT Bangun Desa Utama telah mengakui lahan HGU mencakup tanah adat SAD 113 seluas 3.614 hektar. Eksekusi diharapkan akan dilakukan setelah gelar perkara dilaksanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com