Rano Karno Resmi Mundur dari Wabup Tangerang

Kompas.com - 19/12/2011, 21:15 WIB
EditorLaksono Hari W

TANGERANG, KOMPAS.com - DPRD Kabupaten Tangerang menyetujui pengunduran Rano Karno dari Wakil Bupati Tangerang, Banten. Rano akan mengemban tugas baru sebagai Wakil Gubernur Banten mendampingi gubernur terpilih Ratu Atut Chosiyah.

"Mengingat saya terpilih sebagai Wakil Gubernur Banten mendampingi Ratu Atut Chosiyah, maka saya harus mengundurkan diri sebagai Wakil Bupati Tangerang," kata Rano Karno dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang, Senin (19/12/2011).

Dalam pandangan umumnya di rapat tersebut, sembilan fraksi di DPRD Kabupaten Tangerang menyetujui keputusan mundur dari Rano tersebut. Ketua DPRD Kabupaten Tangerang bersama Rano kemudian menandatangani surat keputusan pengunduran diri.

Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala dan Wakil Kepala Daerah, pengunduran diri pejabat wakil kepala daerah harus melalui rapat paripurna DPRD. DPRD akan mengeluarkan keputusan tentang usulan pengesahan pemberhentian wakil kepala daerah. Surat keputusan itu kemudian disampaikan kepada gubernur dan Menteri Dalam Negeri.

"Atas dasar hal-hal tersebut, saya mengajukan pengunduran diri dari jabatan Wakil Bupati Tangerang masa jabatan 2008-2013," kata Rano Karno.

Masa tugas Rano sebagai wakil bupati semestinya berakhir pada 2013. Namun, karena ia terpilih sebagai wakil gubernur Banten dalam periode 2011-2016, maka ia tidak bisa menjalankan dua jabatan bersamaan. Rencananya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten akan dilaksanakan pada 11 Januari 2012.

Jabatan Wakil Bupati Tangerang yang ditinggalkan Rano tidak akan diisi oleh pejabat lainnya. Artinya, Bupati Tangerang Ismet Iskandar akan menjalankan roda pemerintahan tanpa wakil hingga jabatannya usai pada 2013.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.