Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPLP Pemuda Tangerang Dicopot

Kompas.com - 21/12/2011, 22:09 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Imam Santoso, mencopot Hadi Gunawan dari jabatannya sebagai Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Pemuda Tangerang.

Selain dia, Kepala Lapas Pemuda Tangerang, P Kunto Wiryanto, juga diperiksa, terkait dengan kaburnya dua tahanan asal Iran, Mehrdad Ghaledar bin Mahdi (27) dan Ali Akbar Farahani bin Taghi (27), pertengahan Desember lalu.

"Benar, yang bersangkutan dimutasikan sebagai staf divisi pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Banten. Selasa malam, saya juga diperiksa," kata Kunto saat ditemui di sela-sela menghadiri peresmian renovasi Kantor Kejaksaan Negeri Tangerang, Rabu (21/12/2011).

Seperti diberitakan Kompas, dua warga Iran tahanan perkara pidana penyalahgunaan narkotika yang divonis masing-masing 18 tahun dan 20 tahun (saat ini masih proses banding) itu melarikan diri, Sabtu (10/12/2011) dini hari. Setelah melarikan diri, dua warga Iran itu tertangkap pada Sabtu dan Minggu (11/12/2011).

Sebelumnya, pada Juni lalu enam tahanan narkotika melarikan diri dari tahanan. Satu dari enam tahanan itu akhirnya tertangkap di Gempol, Kabupaten Cirebon, tiga hari sebelum dua tahanan warga Iran kabur.

Mengacu dari kasus kaburnya para tahanan ini, Kunto mengusulkan agar Lapas Pemuda Tangerang dipasangi kawat berduri mengelilingi tembok pagar pembatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com