Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorong-gorong Marinir Batal Dibongkar

Kompas.com - 22/12/2011, 18:14 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta batal membongkar gorong-gorong Marinir sesuai dengan permintaan warga Kampung Pulo, Pondok Labu. Hal ini dilakukan setelah dilakukan kajian lebih lanjut dari Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta.

Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Tarjuki, menjelaskan untuk mengatasi banjir yang melanda warga Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan, akan dilakukan pelebaran kali yang semula selebar tiga meter menjadi lima meter dengan kedalaman dua meter. "Memang sudah sepakat dengan warga. Tapi setelah dikaji, pembongkaran gorong-gorong ini memakan waktu lama," jelas Tarjuki, di Jakarta, Kamis (22/12/2011).

Untuk itu, Dinas PU DKI berupaya melakukan normalisasi kali yang memiliki tujuan sama yaitu mengatasi banjir. Sementara itu, pihak Marinir juga telah membongkar gorong-gorong yang ditengarai sebagai penyebabnya wilayah pemukiman warga di Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta. "Di lokasi gorong-gorong itu, selain sudah dibongkar atasnya, pihak Marinir juga telah melebarkan kali," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pembangunan waduk yang seluas 9.000 meter kubik untuk mengatasi banjir jangka panjang. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 70 persen. Waduk berkapasitas 27.000 meter kubik tersebut berfungsi untuk menampung air agar tidak menggenangi rumah warga. Antisipasi banjir sebenarnya dapat melalui banyak cara dan tidak hanya dengan cara normalisasi saja. Cara lain adalah vertikal drainase, seperti lobang biopori, sumur resapan, serta waduk. Di kawasan Marinir sendiri juga telah terdapat waduk seluas empat hektar untuk menampung air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com