Banser NU Tawarkan Pengamanan Misa Natal

Kompas.com - 24/12/2011, 19:04 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdatul Ulama (NU) menawarkan diri untuk turut serta membantu pengamanan di Gereja Katedral Jakarta dalam perayaan Natal 2011. Pihak gereja mengaku terbuka terhadap tawaran itu. "Iya, kami dengar kabar katanya ada yang membantu dari ormas Islam. Kalau dari kami sifatnya terbuka, namun harus dikoordinasikan," ungkap Koordinator Keamanan Gereja Katedral Jakarta, Budi Sukamat, Sabtu (24/12/2011).

Sementara itu, Kapolsek Metro Sawah Besar, Komisaris JR Sitinjak mengakui bahwa Banser NU sempat menyatakan diri akan membantu pengamanan Natal. Namun, sampai Sabtu (24/12/2011) pukul 15.30 WIB, belum tampak satu pun anggota Banser NU yang datang ke gereja.

Kalau pun nantinya Banser NU akan hadir, kata Sitinjak, aparat kepolisian juga bersikap terbuka. Personel Banser nantinya akan ditempatkan di luar areal gereja lantaran untuk areal di dalam gereja sudah menjadi wilayah pengamanan internal gereja.

"Setiap tahun biasanya Banser NU hadir dan menyiagakan anggotanya sekitar 10 orang. Tahun ini dikabarkan juga akan ikut membantu dan kami juga welcome," tuturnya.

Di tempat terpisah, Kabis Humas Polda Metro, Komisaris Besar Baharudin Djafar yang ditemui di Mapolda Metro Jaya sesaat setelah apel pasukan selesai dilakukan menyatakan aparat kepolisian membolehkan elemen masyarakat lain untuk turut mengamankan Natal. "Asalkan masyarakat berkoordinasi dulu dengan Polsek atau Polres," kata Baharudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.