Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banser NU Tawarkan Pengamanan Misa Natal

Kompas.com - 24/12/2011, 19:04 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdatul Ulama (NU) menawarkan diri untuk turut serta membantu pengamanan di Gereja Katedral Jakarta dalam perayaan Natal 2011. Pihak gereja mengaku terbuka terhadap tawaran itu. "Iya, kami dengar kabar katanya ada yang membantu dari ormas Islam. Kalau dari kami sifatnya terbuka, namun harus dikoordinasikan," ungkap Koordinator Keamanan Gereja Katedral Jakarta, Budi Sukamat, Sabtu (24/12/2011).

Sementara itu, Kapolsek Metro Sawah Besar, Komisaris JR Sitinjak mengakui bahwa Banser NU sempat menyatakan diri akan membantu pengamanan Natal. Namun, sampai Sabtu (24/12/2011) pukul 15.30 WIB, belum tampak satu pun anggota Banser NU yang datang ke gereja.

Kalau pun nantinya Banser NU akan hadir, kata Sitinjak, aparat kepolisian juga bersikap terbuka. Personel Banser nantinya akan ditempatkan di luar areal gereja lantaran untuk areal di dalam gereja sudah menjadi wilayah pengamanan internal gereja.

"Setiap tahun biasanya Banser NU hadir dan menyiagakan anggotanya sekitar 10 orang. Tahun ini dikabarkan juga akan ikut membantu dan kami juga welcome," tuturnya.

Di tempat terpisah, Kabis Humas Polda Metro, Komisaris Besar Baharudin Djafar yang ditemui di Mapolda Metro Jaya sesaat setelah apel pasukan selesai dilakukan menyatakan aparat kepolisian membolehkan elemen masyarakat lain untuk turut mengamankan Natal. "Asalkan masyarakat berkoordinasi dulu dengan Polsek atau Polres," kata Baharudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com