Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Kantor Wali Kota, Foke Naik Transjakarta

Kompas.com - 28/12/2011, 11:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Rabu (28/12/2011), bus transjakarta Koridor XI jurusan Kampung Melayu-Pulo Gebang resmi beroperasi. Peresmian moda transportasi massal yang menjadi penghubung daerah wilayah timur Jakarta ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, Koridor XI ini siap beroperasi. Sesuai dengan janji yang pernah diungkapkannya, sebanyak 21 bus gandeng akan disiapkan untuk mendukung kelancaran perjalanan Koridor XI ini.

Sebelum dioperasikan untuk warga Jakarta, Fauzi Bowo menguji coba terlebih dahulu jalur Koridor XI ini pagi tadi. Foke pun berkeliling dengan transjakarta dari Halte Rawa Bening, Jatinegara, menuju kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Beberapa waktu lalu, Koridor XI sudah diuji coba sebanyak dua kali. Pada uji coba pertama, bus sempat mogok. Selanjutnya, dilakukan lagi uji coba kedua pada Senin (26/12/2011) dan berakhir baik sehingga pengoperasian pada hari ini tetap berlangsung.

"Secara fisik, kesiapan sudah mencapai 100 persen sehingga siap untuk dioperasikan," kata Pristono.

Kendati demikian, dia tidak menampik ada beberapa titik yang masih butuh penyelesaian lagi. Contohnya, masih ada dahan pohon yang menghalangi dan mesti segera dirapikan, serta ada separator yang belum terpasang di titik-titik tertentu. "Nantinya, target angkut untuk koridor ini diperkirakan sekitar 40.000 penumpang," kata Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com