Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Ini, Silakan Nikmati Transjakarta Koridor XI

Kompas.com - 28/12/2011, 12:40 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, bus Transjakarta koridor XI ini baru akan melayani warga Jakarta pada pukul 14.00, Rabu (28/12/2011). Pagi tadi. koridor dengan jurusan Kampung Melayu-Pulo Gebang ini diujicoba langsung oleh Fauzi Bowo.

"Ini dapat menjadi tulang punggung angkutan umum massal. Bus Rapid Transit ini yang didahulukan karena mudah dan murah," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, saat peresmian bus Transjakarta Koridor XI, di Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (28/12/2011).

Menurutnya, koridor XI yang berjarak sekitar 11 kilometer ini tidak lepas dari kekurangan. Di antaranya ada mixed traffic sehingga para pengguna kendaraan harus lebih berhati-hati begitupula dengan para pramudi bus Transjakarta agar mengemudi sesuai dengan kecepatan yang diatur.

"Saat ini, banyak perilaku yang belum menyesuaikan bus Transjakarta. Hati-hati,  utamakan keselamatan penumpang dan penyebrang meski mereka melanggar," ujar Foke.

Ia menambahkan, keberadaan koridor ini memberikan kemudahan akses bagi warga Jakarta karena terhubung dengan koridor lain. Para pengguna kereta api juga bisa berpindah moda. Ketika turun di Jatinegara, mereka bisa berpindah ke bus Transjakarta.

"Koridor XI ini memiliki fungsi penting. Karena menghubungkan banyak titik sehingga mempermudah mobilitas masyarakat," kata Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com