Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Kembali Tinjau Korban Banjir

Kompas.com - 28/12/2011, 16:29 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kembali meninjau permukiman warga korban banjir di Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (28/12/2011). Peninjauan dilakukan setelah kemarin rencana pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta batal dilaksanakan.

"Permukiman warga masih terendam. Tapi sudah ada langkah dari dinas pekerjaan umum untuk atasi banjir," kata Komisioner Komnas HAM Syafruddin Ngulma Simeuleu saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Rabu (28/12/2011).

Dia menjelaskan, dari sisi teknis, Pemprov DKI telah menunjukkan upaya penanganan. Di sepanjang gorong-gorong yang dianggap sebagai penghambat aliran Kali Krukut, dinas PU membangun saluran baru selebar 2-3 meter. "Katanya, dalam dua minggu saluran baru bisa selesai," tutur Syafruddin menjelaskan janji dinas PU.

Ketua Subkomisi Mediasi Komnas HAM mengungkapkan, warga Kampung Pulo menerima baik upaya dinas PU asalkan janji pengerjaan dalam waktu dua minggu benar-benar direalisasikan. Dalam peninjauan ke lokasi banjir yang dimulai pukul 11.00 tadi, Komnas HAM bertemu dengan warga serta mengadakan dialog dengan perwakilan dinas PU dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane.

Itu merupakan kunjungan kedua setelah sebelumnya Komnas HAM mengelilingi lima RT di RW 03 Kampung Pulo dan melihat langsung alur Kali Krukut di lokasi banjir pada Selasa (22/11/2011). Syafruddin menjelaskan, situasi permukiman warga masih tetap rawan banjir.

"Semuanya (lima RT di RW 03 Kampung Pulo) masih terendam, terutama RT 11 yang paling parah," kata Syafruddin menjelaskan situasi terkini.

Dia berharap situasi akan berubah dengan selesainya semua proyek dinas PU di Kampung Pulo, termasuk pembangunan waduk dan tanggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com