Progres Pengerjaan JLNT Berjalan Lambat

Kompas.com - 29/12/2011, 14:21 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2011, perkembangan pembangunan Jalan Layang Non Tol di kedua kawasan, yaitu Tanah Abang-Kampung Melayu dan Antasari-Blok M tidak berjalan sesuai target. Lantaran saat awal pengerjaan, Dinas Pekerjaan Umum DKI mempunyai target perkembangan sampai akhir tahun dapat mencapai 70-80 persen. Namun saat ini, progresnya baru mencapai sekitar 50 persen.

Kepala Seksi Simpang Tidak Sebidang Dinas Pekerjaan Umum DKI, Heru Suwondo, mengatakan, pengerjaan kedua JLNT itu sudah sesuai jadwal. Untuk jalan layang non tol (JLNT) Antasari-Blok M saat ini perkembangannya sudah mencapai 52,52 persen.

"Di Antasari-Blok M sudah mulai pengerjaan on-off ramp (tanjakan-turunan). Saat ini, tiang pancang sudah terlihat berdiri tegak. Sebagian badan jalan juga sudah terpasang di atas gelagar tiang tersebut," kata Heru, di Jakarta, Kamis (29/12/2011).

Untuk, JLNT Tanah Abang-Kampung Melayu hingga Desember ini pengerjaan sudah mencapai 46,31 persen. Saat ini, pemasangan tiang pancang sudah hampir selesai pada pembangunan JLNT ini. Gelagar atau penyanggah badan jalan sudah mulai dinaikkan di atas tiang pancang.

"Untuk Tanah Abang-Kampung Melayu kami sedang fokus untuk on ramp (tanjakan) nya," tutur Heru.

Untuk underpass di daerah Mabak, Jakarta Selatan yang berada di perempatan Mabes Polri saat ini terus mundur. Diperkirakan jalan tersebut baru bisa beroperasi pada awal tahun mendatang. "Underpass Mabak, awal tahun bisa dioperasikan namun masih uji coba," katanya.Saat ini jalan sedang dibeton. Setelah selesai maka jalan akan segera diaspal," kata Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.