Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Baju, Warna Mobil Akan Diseragamkan

Kompas.com - 30/12/2011, 14:48 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Hari ini, Pemerintah Kota Depok mulai mengenalkan penggunaan baju seragam sopir angkutan kota (angkot). Untuk 22 trayek dalam kota, diatur penggunaan 22 baju seragam yang berbeda warna. Setelah penyeragaman baju seragam, Pemkot Depok mengatur penyeragaman warna mobil angkot di setiap trayek.

Ketentuan ini diputuskan dalam Peraturan Wali Kota Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penetapan Jaringan Trayek Angkutan Kota di Kota Depok. Untuk tahap awal, Pemkot Depok mengenalkan pemberlakukan baju seragam di empat trayek.

"Target saya semuanya sudah selesai pada Agustus 2012 mendatang. Semua kami lakukan secara bertahap," tutur Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dindin Djaenudin, Jumat (30/12) di Depok.

Adapun realisasi perubahan atau penggantian warna kendaraan dilakukan secara bertahap. Tahapan yang dimaksud sebagai berikut ; sebelum warna kendaraan disesuaikan dengan ketentuan yang ada, maka pada setiap kendaraan dipasang strip dengan warna sesuai dengan masing-masing trayek. Pada saat dilakukan peremajaan kendaraan, maka warna kendaraan hasil peremajaan harus sesuai dengan warna ketentuan.

Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan Depok Anton TM mengatakan, pemberlakuan baju seragam dan warna kendaraan ini memang tidak mudah. Namun apa boleh buat, demi peningkatan pelayanan dan keamanan penumpang, keputusan tersebut harus dijalankan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com