Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambulans PMI Siaga

Kompas.com - 31/12/2011, 22:58 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamanan malam tahun baru di Jakarta, Sabtu (31/12/2011), tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian saja. Palang Merah Indonesia (PMI) turut siaga di sejumlah pusat keramaian masyarakat.

Menurut Mahfud, staf Divisi Markas PMI Pusat, pihaknya melakukan persiapan khusus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam malam pergantian tahun baru kali ini.

"Persiapan satu unit mobil terdiri dari lima orang, perlengkapan medis yang kita sediakan hanya bersifat evakuasi. Kalau keadaannya buruk, kita rujuk ke RS terdekat," ujarnya.

Paling tidak terdapat 11 mobil ambulans yang berada di sejumlah lokasi di DKI Jakarta. Di Jakpus, ambulans PMI berjaga di empat titik yaitu Bundaran HI, Monas, Hotel Golden dan Harmoni. Wilayah Jaktim disiagakan  2 unit ambulans yang berjaga di TMII dan satu ambulans keliling. Di Jakut disiagakan 2 unit ambulans yang berjaga di kawasan Ancol serta Kelapa gading. Sementara wilayah Jakbar masing-masing disiagakan satu unit ambulans keliling.

Untuk antisipasi, PMI Provinsi DKI Jakarta serta PMI Pusat turut menyiagakan dua ambulans yang dicadangkan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

Sampai sejauh ini, Mahfud melanjutkan, dirinya belum mendapatkan informasi tentang insiden di seputar DKI Jakarta. "Kita pantau di radio. Kalau ada apa-apa kita langsung siap, tapi sampai sekarang belum ada apa-apa kok," katanya.

Kondisi terakhir di Bundaran HI hingga pukul 22.40 WIB makin ramai dipadati masyarakat. Kembang api pun telah beberapa kali menghiasi langit Ibu Kota. Polisi masih tampak berjaga-jaga di beberapa lokasi untuk pengamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com