Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Padat, TMII Jadi lautan Manusia

Kompas.com - 31/12/2011, 23:57 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus masuk ke lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta menjelang pergantian tahun, Sabtu (31/12/2011) malam terpantau sangat padat. Hingga pukul 23.30 WIB ruas Jalan Garuda yang melintasi gerbang utama TMII telah menyempit menyisakan jalur sekitar tiga meter.

"Kebanyakan dari arah Kampung Rambutan dan Pondok Gede," kata AKBP Sudarsono, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Timur di depan gerbang utama TMII.

Para pengunjung tersebut diperkirakan datang dari wilayah sekitar Jakarta, terutama dari arah Bogor dan Bekasi, Jawa Barat. Banyaknya pengunjung mengakibatkan akses menuju gerbang utama tertutup sama sekali.

Selain karena panjangnya antrean, kebanyakan pengunjung berkendaraan memilih untuk memarkirkan kendaraan mereka di badan jalan. Apalagi, saat dimulainya atraksi kembang api di sekitar gerbang TMII, berbagai kendaraan yang masih sempat melintas langsung menghentikan perjalanan. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Kampung Rambutan, Pondok Gede, maupun dari arah Mal Tamini Square saat ini berhenti total.

AKBP Sudarsono tidak menutup kemungkinan menerapkan pengalihan arus jika kemacetan menuju arah TMII terus berlangsung. "Kita lihat saja perkembangan situasinya," kata Sudarsono.

Pihak TMII sendiri membuka tiga gerbang masuk. Selain gerbang utama, juga dibuka Gerbang 2 dari arah Pondok Gede dan Gerbang 3 dekat kolong tol Kampung Rambutan. Situasi di ketiga gerbang, menurut pihak kepolisian tak jauh berbeda. "Saat ini sudah jadi lautan manusia," kata AKP Joko, Kepala DikYasa Satlantas Polres Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com