Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Selatan Siapkan Pusat Pemotongan Unggas

Kompas.com - 10/01/2012, 16:12 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian dan Pemotongan serta Peredaran unggas di DKI, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan akan membuat pusat penampungan dan pemotongan unggas.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan, Nurhasan, saat penertiban unggas liar di wilayah Tebet, Selasa (10/1/2012. Berdasarkan data yang dia miliki, di Jakarta Selatan sendiri memiliki 123 tempat penampungan unggas dan 23 tempat pemotongan ayam.

"Tapi kan itu semua tidak memiliki izin," ujarnya.

Oleh sebab itu, untuk selanjutnya akan dibuat pemusatan penampungan serta pemotongan unggas di Jakarta Selatan. "Nanti akan disiapkan pusat pemotongan ayam di Petukangan Utara, kami mulai operasionalkan Insya Allah Februari sudah mulai," ujarnya.

Selain itu, tempat pemusatan penampungan dan pemotongan ayam tersebut juga akan dibuat di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. "Tapi tahun 2012 ini baru rencana pembangunan," ujarnya.

Kedua pusat unggas tersebut ditargetkan mampu melayani 60.000 ekor ayam untuk konsumsi tiap harinya. Sementara itu, pihaknya pun akan mengetatkan pengawasan pasokan ayam yang kebanyakan dari luar Jakarta.

"Kami melakukan pemeriksaan yang namanya surat keterangan sehat dari dokter asal unggas dan izin pemasukan, mereka kan harus ada izin masuk ke Jakarta," ujarnya.

Penertiban yang dilakukan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan tersebut merupakan salah satu antisipasi merebaknya virus flu burung yang beberapa hari lalu terjadi di Jakarta Utara. Satu orang meninggal dunia dinyatakan positif terjangkit virus tersebut. Penertiban unggas juga dilakukan di wilayah lain di DKI, seperti, Jakarta Utara, Cipayung, Jakarta Timur serta Tebet Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com