53 Sampel Unggas dari Rumah Puguh, Negatif Flu Burung

Kompas.com - 10/01/2012, 16:16 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 53 sampel darah dan feses unggas yang diambil di sekitar rumah korban virus flu burung, Puguh Dwi Yanto, terbukti negatif terjangkit virus H5N1 sehingga dapat dipastikan kondisi di sekitar lokasi rumah korban aman dari penyebaran virus flu burung.

"Hasil tes unggas dari sekitar lokasi kejadian para pasien yang terkena flu burung, semuanya negatif. Jadi aman," kata Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Ipih Ruyani, di Balaikota, Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Dari 53 sampel unggas tersebut, terdiri dari 12 ekor ayam buras, 33 burung dara, dua burung ocehan, dua burung hias, dan empat entok. Semuanya terbukti aman dari virus flu burung.

Namun, pengawasan tetap akan dilakukan oleh pihaknya. Untuk hari ini, penyisiran kembali dilakukan di tiga wilayah, yakni Jakarta Barat di Kelurahan Semanan, wilayah Jakarta Timur di Kecamatan Cipayung, dan wilayah Jakarta Selatan di Kecamatan Tebet. Penyisiran ini sudah dimulai sejak pukul 12.00 tadi dengan dipimpin oleh suku dinas wilayah yang berkaitan.

"Langkah ini adalah antisipasi untuk pencegahan penularan virus dari hewan ke manusia," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta juga memberikan penyuluhan terkait Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian Pemeliharaan dan Peredaran Unggas di Wilayah Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah jatuhnya korban flu burung di wilayah Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.