Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Imbau Warga Tinggalkan Pesisir Pantai

Kompas.com - 11/01/2012, 03:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meralat kekuatan gempa yang terjadi di Aceh, Rabu (11/1/2012), dini hari, dari 7,6 SR menjadi 7,1 SR. Meski demikian, peringatan tsunami belum dicabut sampai 30 menit pascagetaran pertama.

Kepala Pusat Gempa BMKG Suhardjono mengatakan, berdasarkan catatan seismograf pertama, terpantau kekuatan gempa cukup kuat. BMKG pun berharap agar warga segera keluar rumah meninggalkan pantai supaya tidak terjadi korban seperti pada 26 Desember 2004.

"Yang penting masyarakat segera menyelamatkan diri ke tempat aman. Kalau ternyata tidak terjadi tsunami, akan kami informasikan kemudian," kata Suhardjono.

"Kami mengirimkan informasi ini kepada pemerintah daerah terkait sebagai early warning adanya potensi tsunami," tambah Suhardjono.

Ternyata dalam perkembangan hingga 30 menit, BMKG mencatat kekuatan gempa 7,1 sampai 7,2 SR.

"Mudah-mudahan setelah lebih 36 menit tidak terjadi tsunami. Tapi bagi masyarakat yang sudah evakuasi, mohon tetap bertahan dulu, jangan kembali langsung ke rumah," kata Suhardjono. (Tribunnews/Domu D Ambarita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com