Benarkah Es Krim yang Mudah Cair Lebih Sehat?

Kompas.com - 11/01/2012, 10:51 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Selama ini banyak orang beranggapan bahwa es krim yang lebih mudah mencair adalah es krim yang lebih sehat dibanding dengan es krim yang sulit mencair.

"Pada dasarnya es krim terbuat dari bahan dasar yang cair seperti susu atau santan dengan berbagai bahan tambahan lainnya," ungkap chef Sandra Djohan kepada Kompas Female dalam acara 'Inspirasi Rasa Nusantara bersama Wall's Dung Dung' di Demang restoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2012).

Mitos ini bisa dikatakan benar karena es krim yang lebih mudah mencair berarti memiliki kandungan cairan yaitu susu atau santan yang lebih banyak dibanding bahan lainnya. Kandungan susu yang lebih banyak dalam es krim ini berarti bahwa protein, vitamin yang terkandung di dalamnya semakin banyak dan semakin sehat. Namun bagi yang berdiet, es krim jenis ini sebaiknya dihindari karena kandungan kalorinya cukup tinggi.

Selain adanya kandungan susu yang lebih banyak, es krim yang lebih mudah mencair ini berarti merupakan es krim homemade. Dengan proses pembuatan yang homemade ini partikel es krim ini tidak melekat kuat antarbahannya sehingga akan lebih mudah mencair.

"Proses pembuatan pada es krim pabrikan ini yang dibuat dengan mesin es krim ini akan memiliki kecepatan putaran yang stabil dan tinggi sehingga konsistensinya lebih stabil dan lama mencairnya," jelas Sandra.

Kandungan bahan kimia juga berpengaruh pada cepat atau lamanya es krim ini mencair. Semakin banyak kandungan bahan kimia dalam es krim berarti semakin lama es ini mencair. Contohnya, stabilizer atau pengemulsi ini akan membuat es krim ini semakin lama mencair.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.